Sunday, April 2, 2017

Pindah Sekolah SD Primary School, Australia.

     Daftar sekolah di Australia

     Bagi yang baru saja pindah ataupun mau pindah ke Australia dan mempunyai anak yang masih bersekolah di Sd, pastinya agak sedikit bingung dan khawatir dengan tata cara pendaftaran sekolah anak disana. Ternyata setelah saya pindah kesini dan mencoba mendaftar, engga seribet dan sesusah yang saya pikirin. Sebelum pindah sih emang sempet nanya nanya sama temen yang udah duluan tinggal disini, mereka bilang ga usah terlalu khawatir, disini masuk daftar sekolah engga dipersulit. (makasih mba Riris... much luv.. :))

     Seminggu setelah saya sampai, saya mencoba menelpon sekolah disekitaran tempat tinggal, ternyata, kalau public school atau sekolah negrinya disini, hanya menerima siswa sesuai alamat tempat tinggal. Karena saya berdomisili di Forster, NSW maka saya mendaftarkan anak saya di Forster Public School. Keesokannya saya langsung datang ke sekolah tersebut dengan membawa rapor dari sekolah di Indonesia, bukti alamat tempat tinggal (surat kontrak dari agen perumahan), passport, akta kelahiran dan visa yang berlaku (info dari temen kalo kita bakalan butuh, jadi udah siapin). Semua persyaratan tersebut diterima oleh admin sekolah dan saya diberitahukan untuk menunggu telpon dari sekolah untuk bertemu dengan DP nya. Pertama saya bingung apa itu DP, setelah saya cari tau ternyata Deputy Principal, sepertinya sih wakil kepala sekolah. Seminggu kemudian saya di telpon dan bertemu dengan wakil kepseknya, anak saya hanya ditanya sedikit saja dan dia bilang tidak ada masalah untuk dia bisa masuk ke sekolah tersebut, dan saya pun diminta mengisi formulir pendaftarannya yang saya lampirkan link nya di bawah yah kalau mau dowload dan baca baca, tapi sih saya dikasih oleh sekolah untuk diisi, serta dijelaskan mengenai bayaran sekolahnya (saya lampirkan juga link nya dibawah mengenai tabel bayaran sekolah.)


     Di Australia awal sekolah adalah awal bulan yaitu januari, terbagi menjadi 4 term, setiap akhir term libur selama 2 minggu, term akhir baru libur panjang pas lagi summer tuh, asiik yaa banyak liburnya, beda dengan Indonesia yang awal sekolahnya bulan juni-july. Kelas berapanya di tentukan dari umur anak tersebut, dilihat juga bulan apa dia lahir, untung anak saya bulan maret jadi bisa masuk kelas 3. Waktu itu kita pindah ke Australia bulan Agustus, mendaftar dan mulai sekolah 12 september 2017, ketika pindah anak saya baru saja sebulan naik kelas 3, dan ketika masuk sekolah di Australia bulan september sudah ahir term 3, jadi sekolah anak saya dikelas 3 cepat setengah tahun. 


     Sekolah dimulai jam 09.00am-03.00pm, Anak saya berangkat kesekolah dengan school bus, kebetulan halte school bus dekat dengan tempat tinggal sekitar 100m lah, jadwal bus jam 08.37am, anak saya berangkat jam 08.30am. Di sini ada peraturan tentang gratis atau tidaknya untuk bus sekolah, ada yang disubsidi apabila sesuai dengan jauhnya jarak antara sekolah dan rumah, kalau tidak salah jarak sekolah dan rumah harus lebih dari 1,6km. Kami tidak mendapatkan subsidi karena termasuk kategori walking distance, namun banyak orang tua murid yang tetap menggunakan school bus tersebut, biayanya $1.10/trip. 


     Disekolah ada dua kali break yaitu luch break dan recess, disekolah anak saya recess time diisi dengan fruit time, bagus juga ya hehehehe jadi anak saya yang males makan buah mau untuk makan buah setiap hari, 


     School Commence    : 08.55am-10.55am

     Recess                      : 10.55am-11.20am
     Back to class              : 11.20am-12.35pm 
     Lunch                         : 12.35pm-01.25pm
     Back to class             : 01.25pm-02.55pm
     School Concludes     : 03.00pm

     Homework di bagikan hari senin tiap minggu, dikumpulkan hari jumat selesai ataupun tidak diselesaikan... sedikit lagi... jadi ingat waktu di Indo hampir setiap hari ada PR.


     Class requirments: pensil, penghapus, gunting, lem, pensil warna, rautan, head/earphone untuk pelajaran komputer, dan folder untuk file PR.


     Absences: pada keesokan harinya ketika anak masuk sekolah setelah absen harus membawa note dari orang tua untuk keterangan absen tersebut atau orang tua dapat menelpon ke sekolah pada hari absen.


Ini contoh mata pelajaran anak saya di kelas 4

ada juga rekognisi dari guru untuk menyemangati siswa, point2 tersebut dikumpulkan dan siswa akan diberikan reward ketika mencapai point tertentu.




     oh ya disini anak-anak didorong untuk membaca, selain ada school library, dari masing masing kelas, anak-anak diwajibkan membawa pulang satu buku bacaan dan orang tua diminta mendampingi anak-anak ketika membaca dan menandatangani setelah selesai,

Terus apalagi yaa... ada kantin sekolah tapi jarang sekali anak saya jajan di kantin karena saya selalu membawakan lunch box, jadi saya ga tau pasti ada apa aja disana tapi beberapa kali anak saya jajan dengan uang cadangan yang saya selipkan di tas nya untuk waktu2 misalanya anak saya lupa membawa ongkos bus. dia bilang terkadang jajan es krim, muffin atau nugget, pasti ada lebih banyak lagi seperti sandwich atau apalah, yah mending bawa sendiri deh, biar irit jugaa hahaaaa....

     Doa Yah.... semoga anak saya bisa keep up dan bahasa Inggrisnya bisa maju terus, jadi nanti kalo pulang ke Indo nilai bahasa Inggris harus diatas rata rata hehehehe... Insya Allah... Bismillah... Semangat terus ya nak... Semoga terus jadi anak baik yang pantang menyerah. 

     hmmm...Mungkin cukup sekian dulu info sekolah dari saya... nanti kalau ada info2 baru akan saya update. Semoga bermanfaat.






Download formulir pendaftaran:
http://www.schools.nsw.edu.au/gotoschool/enrolment/enrolment-form.php
https://schoolsequella.det.nsw.edu.au/file/d8bb9a35-07b8-4bbb-bc73-ecdb552bf529/1/authority-to-enrol.pdf

School Fee:
http://www.detinternational.nsw.edu.au/media-assets/trp/fees.pdf

Bagi temporary resident yang memenuhi persyaratan dapat mendapatkan keringanan biaya dengan mengirimkan persyaratan dan membayar $110. (disetujui ataupun tidak). Kalau mau coba silahkan download dibawah ini:
http://www.detinternational.nsw.edu.au/media-assets/trp/fee-exemption.pdf

Cek lebih jelas di:
http://www.decinternational.nsw.edu.au/study/schools/temporary-residents

1 comment:

  1. Thanks utk artikelnya, sgt bermanfaat utk kami yg akan pindah k sydney. Apa boleh tanya2 lbh lanjut? Kindly email ke wiene.andriyana@gmail.com ya kalau berkenan. Thanks much :-)

    ReplyDelete