Tuesday, April 4, 2017

Takut Keluar Rumah atau Malas Keluar Rumah ?

Phobia yang membuat keluar rumah.     

Kali ini mau ngebahas soal phobia-phobia yang bikin kita takut atau males keluar rumah, jadi bagi kamu kamu yang kira-kira takut atau males keluar rumah bisa jadi masukan, kamu ini lebih condong penakut keluar rumah yang mana... hahahahha.... WEIRDO!!!! by all means jangan tersinggung kalau kamu merasa salah satunya orang yang lagi kita bahas dengan kata kata weirdo diatas. Karena saya mungkin turning jadi si penakut atau pemalas keluar rumah, dan saya refer diri saya sendiri si weirdo ini, jadi saya boleh bilang karena saya termasuk kalian hahahha, make sense gak? Lagian juga weirdo kan kira kira adalah:


  • Orang yang dianggap aneh oleh orang lain karena hal hal aneh yang tidak lazim dia lakukan, seperti misalnya kan yang dianggap wajar adalah manusia kebanyakan senang untuk berada diluar,bersosialisasi dll. (padahal belum tentu orang yang takut atau males keluar rumah tidak suka orang lain atau tidak suka bersosialisasi)
  • Seseorang yang tidak mengikuti tren atau subkultur. Mereka akan melakukan apa yang mereka suka tanpa perduli jika mereka berbeda dengan orang lain. Enggak jelek jelek amat kan?? menurut saya sih its good to be different, as long as kita saling menghargai dan mengerti serta punya kasih sayang.... etdah.... itu engga bakalan jadi masalah, apalagi jadi bahan gosip.... hahahahha.... engga bakalan deh...
     Anyway... nulis ini karena saya managed untuk engga keluar rumah selama seminggu... serius engga keluar sama sekali dalam seminggu, Cucian udah selesai jadi dalam seminggu itu engga nyuci dan ga perlu keluar untuk ngejemur pakean. Belanja?? saya belanja online... hahahha udah beberapa kali belanja online yang dianter sampe depan pintu rumah... Anakku berangkat sekolah bareng sama papanya sekalian berangkat kerja, pas pulang sekolah biasanya saya ke halte jemput dia turun dari school bus, tapi pas minggu itu papanya libur jadi dia yang jemput ke halte, sama sabtu minggu kan memang sekolah libur. Pas hari libur itu anak saya jalan jalan sama papanya saya ga ikut, cuma pas mereka pulang saya di bawain es krim... yummmmm....

     Trus ngapain aja seminggu engga keluar keluar?... yah belajar ngeblog, maenan facebook, main game hp, maen play station, nonton the walking dead ulang dari season pertama, wah itu seri terahir bikin penasaran banget, ada lucunya juga hahahah si Neagan kaget sampe dua kali, mau di makan zombie sama tiger wqwwqwqw kocaaak, terus nonton franky and grace, yah pokonya streaming movies sama berita indo, both Metro TV sama TV One... lol biar adil hihihihi....
Kok bisa sih??? ga bosen apa??? engga tuh... dinikmatin aja, pas papanya dan anaku berangkat, mulai deh bersih-bersih rumah kecil mungil, cepet selesai trus me time... yah yang diatas tadi, just enjoy the momen. Kok engga pengen keluar?? nah mungkin jawaban saya ada di bawah ini, mungkin juga engga. Jadi ini ada beberapa phobia yang bikin orang jadi takut atau males keluar rumah.


  • Heliophobia, Yaitu takut terpapar sinar matahari saat berada diluar ruangan, Ketika phobia jenis ini sudah parah, biasanya pengidap memilih untuk diam dirumah dan males untuk keluar, sayangnya pengidap phobia ini menjadi rentan kekurangan vit D. Padahal Vitamin D merupakan nutrisi penting yang dibutuhkan untuk kesehatan tulang dan fungsi otot. Defisiensi vitamin tersebut seringkali dikaitkan dnegan gangguan fungsi kekebalan tubuh, beberapa jenis kanker serta penyakit jantung. Baru-baru ini sebuah studi dari Oregon State University (OSU) menunjukkan adanya hubungan antara tingkat vitamin D yang rendah dengan depresi pada wanita muda yang sehat. "Kami menemukan bahwa wanita dengan tingkat vitamin D rendah lebih mungkin memiliki gejala klinis yang signifikan," kata David Kerr, profesor School of Psychological Science di OSU, dikutip dari oregonstate.edu, Jumat (20/3/2015).

Hasil gambar untuk cross the street the beatles
  •  Agyrophobia. Yaitu ketakutan berlebihan terhadap meyeberang jalan. Disadari atau tidak, hampir setiap hari kita melakukan hal ini. Aktivitas sehari-hari kita, baik bekerja, sekolah,dll pasti ada kegiatan meyeberang jalan. Kebayang kan kalo takut nyebrang, bagaimana kita mau leluasa keluar rumah, Yang ada jadi males untuk keluar rumah, karena Bagi pengidap agyrophobia, menyeberang di jalan yang ramai adalah hal yang paling menakutkan. Berada di jalanan yang sibuk akan sangat membuat mereka merasa tersiksa, padahal tidak ada ancaman yang berarti alias jalanan dalam kondisi aman. Pengidap agyrophobia yakin bahwa mereka akan tertabrak hingga mati oleh kendaraan yang lewat ketika menyeberang. Bahkan, jika sudah pada tahap ekstrim, pengidap akan takut setengah mati ketika seseorang menyebut nama jalanan tertentu. Walau begitu, pengidap agyrophobia masih memungkinkan mereka untuk berkendara.
  •  MyshophobiaHasil gambar untuk public toilet phobiaMerupakan phobia di mana pengidap akan sangat ketakukan terkontaminasi kotoran dan kuman. Mereka akan sangat takut melihat atau mengalami sesuatu yang kotor. Karena itu mereka biasanya sering mencuci tangan atau menyemprotkan cairan anti kuman saat melakukan apapun. Dalam kondisi ekstrim, pengidap akan menghindari kontak dengan apapun. Mereka akan membersihkan satu benda hingga bersih secara terus menerus. Istilah ini diciptakan oleh Dr. William Alexander Hammond pada 1879 setelah menangani sebuah kasus OCD (obsessive-compulsive disorder) pada pasien wanita yang intens mencuci tangannya.

Hasil gambar untuk anthrophobia
  • Anthrophobia. Ini adalah bentuk ekstrim dari rasa malu. Mereka yang mengalami anthropophobia takut berhadapan dengan manusia, padahal dirinya sendiri juga manusia. Biasanya mereka akan mengalami ketakutan dan cemas ketika berhadapan dengan banyak orang. Walau ada juga pengidap yang bahkan tidak bisa berhadapan dengan satu orang. Pengidap Anthropophobia bahkan tidak bisa melakukan kontak mata dengan orang lain, dan selalu merasa dirinya diawasi oleh orang lain. 

Hasil gambar untuk anemophobia
  • Anemophobia. Juga disebut sebagai Ancraophobia, ini adalah ketakutan ekstrim terhadap angin atau aliran udara. Walau mereka tetap menghirup udara alias bernafas, namun pengidap anemophobia selalu memiliki pikiran bahwa mereka bisa terluka bahkan terbunuh karena angin.

Hasil gambar untuk panophobia
  •  Panophobia.  Atau disebut juga sebagai panphobia, omniphobia dan pantophobia adalah sebuah ketakutan berlebihan terhadap sesuatu yang tidak diketahui. Sederhananya, pengidap panophobia selalu takut dengan apapun. Rasa takut atau phobia terhadap sesuatu secara ekstrim memang sulit untuk dipahami. Hanya saja ini jelas ada dan dialami oleh beberapa orang. Dan lagi untuk pengidapnya, ketakutan ini pasti sangat merepotkan hingga keluar rumah saja bisa jadi kegiatan yang kalau nggak perlu-perlu amat, mending di rumah saja.
     Tidak ada bukti bahwa phobia adalah bawaan lahir, hanya saja otak pengidap phobia ini menjadi terbiasa untuk takut terhdap hal hal tersebut yang penyebabnya sulit untuk dilacak, sebab pengidapnyapun sendiri seringnya banyak yang tidak bisa ingat bagaimana hal tersebut bermula ataupun pernah mengalami trauma.

     Jadi kalo kamu takut keluar rumah, cari tau penyebabnya, mungkin aja kamu bisa jadi normal seperti kebanyakan orang (normal=kebanyakan, jadi menurut saya engga jelek, yah beda aja... cheers), nih ada satu cerita ttg Molly Woodham yang udah 6 tahun engga pernah keluar rumah... wedeew.... rekor paling lama saya seminggu jajajajjahahaha. Sekian dulu ya sharingan phobia yang bisa bikin males keluar rumah... thanks for reading, 


Diambil dari berbagai sumber.
     

4 comments:

  1. wihh nice info
    kunjung balik, di web kami banyak penawaran dan tips tentang kesehatan
    Ada artikel menarik tentang obat tradisional yang mampu menyembuhkan penyakit berat, cek yuk
    Golden Gamat Sinusitis
    Golden Gamat Keloid
    Golden Gamat Asam Lambung

    ReplyDelete
  2. Saya mau tanya. Saya perempuan usia 17 thn kelas 2 SMA. Dengan membaca artikel ini saya merasa saya masuk golongan Anthrophobia di lingkungan rumah. Saya enggan keluar rumah karena cemas dan merasa tetangga saya selalu mengawasi saya. Tapi ketika saya di sekolah saya berubah menjadi anak yang gampang bersosialisasi dan berteman. walau saya masih tertutup orangnya. Itu saya kenapa ya?

    ReplyDelete