Friday, December 2, 2016

Bukan Lebay Si Penderita Hipertiroid atau Hipotiroid

Penyakit hipertiroid dan hipotiroid.




hehehe....

Dari judulnya kayanya pengin banget ngejelasin,

Nah tulisan ini saya buat karena banyak temen temen penderita kelainan tiroid akhirnya menutup diri dan hanya curhat kesesama penderita saja, karena emang sih kita kita ini engga keliatan keliatan banget sakit.Tapi kalau kalian mau tau gejala penyakit kita yang sering hingap itu diantaranya adalah; sakit kepala dan badan ngilu ngilu, semua sendi kaya perlu di oli'in tiap pagi, gampang keram, kesemutan sama tiba tiba kliyengan, asam lambung naik, mata yang tiba tiba beraer dan burem, ngantuk yang engga ketahanan, atau tiba tiba kedinginan atau kegerahan dan yang paling bahaya juga sampe anxietas dan depresi.

nah biar lebih jelas kata wiki Anxietas (Inggris, anxiety) berasal dari bahasa Latin, angere, yang berarti tercekik atau tercekat. Gangguan anxietas adalah keadaan tegang yang berlebihan atau tidak pada tempatnya yang ditandai oleh perasaan khawatir, cemas, tidak menentu atau takut. Respon anxietas sering kali tidak berkaitan dengan ancaman yang nyata, namun tetap dapat membuat seseorang tidak mampu bertindak atau bahkan menarik diri. Gejala-gelaja anxietas terdiri atas dua komponen, yaitu komponen psikis/mental dan komponen fisik. Gejala psikis berupa anxietas atau kecemasan itu sendiri; ada berbagai istilah yang sering digunakan oleh orang banyak, misal khawatir atau was-was. Komponen fisik merupakan manifestasi dari keterjagaan yang berlebihan (hyperarousal syndrome): jantung berdebar, napas semakin cepat (hiperventilasi, yang sering dirasakan sebagai sesak), mulut kering, keluhan lambung, tangan dan kaki merasa dingin dan ketegangan otot (biasanya di pelipis, tengkuk atau punggung). Hiperventilasi sering tidak disadari oleh penderita anxietas, yang dikeluhkan adalah gejala-gejala yang akibat berubahnya keseimbangan asam-basa di dalam darah, terjadi hipokapnea; yang paling sering terjadi adalah perasaan pusing seperti melayang, rasa kesemutan di tangan dan kaki, kalau parah dapat terjadi spasme otot tangan dan kaki (spasme karpopedal).

Kalo depresi menurut wiki Depresi adalah suatu kondisi yang lebih dari suatu keadaan sedih, bila kondisi depresi seseorang sampai menyebabkan terganggunya aktivitas sosial sehari-harinya maka hal itu disebut sebagai suatu Gangguan Depresi Mayor. Beberapa gejala Gangguan Depresi Mayor adalah perasaan sedih, rasa lelah yang berlebihan setelah aktivitas rutin yang biasa, hilang minat dan semangat, malas beraktivitas, dan gangguan pola tidur. Depresi merupakan salah satu penyebab utama kejadian bunuh diri.


Gejala nya engga berenti disitu, kalo kamu browse gejala penyakit ini, apalagi yang di sebabkan oleh autoimun atau kanker akan banyak lagi seperti rambut rontok, kulit kering, berjerawat, pola menstruasi dll, paling engga itu semua yang saya rasakan tiap hari, iya tiap hari... kita tuh dah engga ngerasain lagi fit kaya waktu dulu sebelum kena penyakit ini, kangen rasanya untuk bangun pagi, feel fresh dan siap untuk segala tantangan hari ini. Udah jarang banget karena si hormon ini yang ganggu aja, dan si autoimun ini yang seneng serang2 organ tubuhnya sendiri. Sebenernya sih kalo orang nya yang ga ngerti empati ya pasti langsung aaah lebay... gitu kali ya, dulu saya punya temen dia curhat calon istrinya kena lupus, saya dulu ga tau lupus itu apa, tapi Alhamdulillah saya ga bilang aah lebay tuuu... waktu dia ceritain apa itu lupus, padahal saya sering say stupid things dan do stupid things  yang sering banget akhirnya saya sesalin, hahahah sumpah engga maksud jahat emang suka ceplas ceplos dan jail.... ya gitu deh emang ngeselin saya itu, sesekali siih... engga sering2, 😂 Alhamdulillah ada juga yang bilang saya menyenangkan dan asik hahahha, puji2 diri sendiri, itu salah satu penyakit lagi tuuuh wakakakka.... mudah2an saya di jauhkan dari penyakit itu... hehhehehe... balik lagi ke gejala, coba aja kamu bayangin kalo kamu meriang tapi hampir setiap hari, sedangkan kamu tetap harus beraktifitas seperti biasa, ga ada tuh day off 2-3hari sampe kamu ngerasa fit baru aktifitas lagi. Ga ada, yang ada kita bangun dan berusaha menjadikan hari2 kita tetap menyenangkan. Kadang saya ngerasa udah biasa si badan meriang, ya jalanin aja, kaya kalo kamu pake mobil soak gimana si rasanya...

Tapiiiiii..... kita ga mau dong di kasihanin, malu juga apalagi kalu kita masih muda, masa kaya nenek nenek ( hihihi jadi inget ada temen yang emang ngatain saya kaya nenek nenek, iya juga sih orang hampir tiap malem saya pasti baluran kayu putih atau sering koyoan di kening hihihihi, dalam kasus saya, saya sangat beruntung punya anak perempuan yang mau siap kerokin tiap saat, yah walaupun cuma sampe pink pink doang, maklum masih 8thn hehehehe). Jadi kita ga pernah tuh dengan sengaja liatin bahwa kita lagi sakit kaki atau lagi ngilu2 badan, tetep aja tiap jalan kita berdiri tegak, berusaha terus tersenyum, walaupun misalnya kalian liat kita moody, atau males kongkow kongkow di waktu luang, kita udah berusaha sekuat mungkin untuk kuat buat diri sendiri, keluarga tersayang dan temen-temen.

Yang kita mau cuma pengertiannya aja kalau tiba tiba kita cancel ga jadi jalan bareng keluar (emang suka migren dateng tiba tiba, sumpah deh ga boong, panadol tu temen setia saya, selalu ada untuk persiapan) atau kita ga ikutan terus terusan acara kongkow2, karena energi kita simpen untuk kerja, untuk anak anak dan keluarga, bukan berarti nongkrong sama temen ga penting, tapi badan meriang enakan dirumah, jadi kalo kita cuma bisa sekali kali aja ngumpul bukan berarti kita ga mau, mungkin kamu bener kita ga asik lagi hahahaha, inget lagi deh temen ada yang sok sok nasehatin, bilang lo tuh jangan lebay, over dramatise gitu, oke lo sakit tapi ga perlu juga kaya nenek nenek dirumah terus, ya keluar lah... itu juga saya bilang sama dia karena saya pingin sharing supaya pertemanan engga jadi salah paham ketika saya ga bisa ikut kumpul2 sering sering, eh bukan empati malah kata kata yang ga enak buat saya. Yah setidaknya menurut kita, kalau tetep menurut kamu kita lebay dan over dramatise ga apa apa juga, it is what it is. Paling engga temen yang bener bener temen bisa empati dan bisa kasih tau dengan cara yang lebih enak misalnya tanya kek trus, kamu ke dokter engga? kamu minum obat engga? iya engga sih?? apa masih bilang kita lebay? hehehehe

Di luar negri banyak organisasi2 yang perduli dengan masalah depresi dan anxietas, bahwa ini bener dan bukan dibuat buat, bahwa bener ada yang perlu pertolongan ahli, dari remaja sampai dewasa ada yang kena, dengan pertolongan ahlinya dan empati orang2 terdekat depresi dan anxietas bisa dikendalikan. Dan jika ada kamu yang merasa seperti kita kamu boleh cari tangan2 terbuka yang mau dengerin kamu dan kasih support, jika kamu udah kuat tiba waktu kamu yang kasih support untuk tangan tangan yang mencari pegangan. By the way kamu juga bisa masuk FB Group Hipertiroid, Hipotiroid, Graves', Hashimoto (INDONESIA). Banyak temen temen disitu yang mau berbagi di kala mereka down atau pun lagi kuat.

Nah semoga kamu mau ngerti sedikit ya tentang kita, bukan mau di kasiani, cuma di ngertiin sedikit aja kok. Have a good day semuanya yaaa....oh iya ini ada link link siapa tau mau baca untuk referensi juga.

http://www.alodokter.com/komunitas/topic/depresi-20

http://tabloidnova.com/News/Peristiwa/Andini-Savietri-Natasari-Aku-Sudah-Berdamai-Dengan-Autoimun

http://www.amazine.co/10094/masalah-mental-yang-menyertai-gangguan-kelenjar-tiroid/





5 comments:

  1. Peluk peluk peluk mba gebby. Kita saling menguatkan semua yaaa

    ReplyDelete
  2. Aku mengerti mba Gebby krn aku mengalami hal yg hampir sama....semoga kita dikuatkan ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin... mba Tita juga ya.. sehat terus Insyaa Allah...

      Delete
  3. Hai mba Gebby..salam kenal ya.. Suami saya mengalami pengalaman mirip seperti diatas, khususnya di masalah anxietas nya. Setau mba secara ilmu medis atau pengobatan lainnya, ada ga upaya yang bisa menyembuhkan atau paling tidak mengurangi gejalanya?

    ReplyDelete