Saturday, April 1, 2017

Perpanjang Paspor Indonesia di Australia

Perpanjang paspor Indonesia habis masa berlaku di Australia.


     Waktu berangkat ke Australia, paspor saya hanya berlaku sampai delapan bulan lagi saja, waktu itu ada keinginan untuk perpanjang sebelum berangkat, karena ketidaktauan tentang bagaimana nanti untuk perpanjangannya, apakah harus pulang ke Indo dulu atau bisa dari sana. Namun sampai waktunya berangkat saya engga perpanjang perpanjang itu paspor, karena pernah parno dengan ribetnya perpanjangan paspor di indo (dulu yaa... katanya sekarang si lancar jaya.... atau mungkin itu hanya menimpa saya aja kali :)) dan ada juga lain hal. Anak saya sempet db ... hadeeeh.. sudahlah... pokoknya saya ga sempet perpanjang.

     Setelah santai santai, terus cari sekolah anak saya yang baru 8 tahun, sedikit sedikit rapihin tempat tinggal, baru deh kasak kusuk cari tau tentang perpanjang passport. Ternyata ada Konsulat Jendral Republik Indonesia di Sydney.  Saya tinggal di Forster, sekitar 3-4 jam ke sydney, wah repot juga ya kalo harus ke sydney, suami saya harus minta libur, anak saya ga ada yang jagain... wah ribet deh dan sayapun cari tau lagi opsi lainnya. Setelah terus terusan browsing, gimana perpanjang paspor disini dan tanya temen temen yang tinggal di sini, TERNYATAA.... AHAA.... kita bisa membuat permohonan perpanjangan paspor melaui pos... wah asik banget, langsung lega deh karena ga harus pergi ke sydney daaan ga usah antri dooong (mungkin juga disana ga antri sih ya, ga kaya di Indo lol), yah kebayang deh bakalan gampang dan engga ribet, mulai deh saya kumpulin semua persyaratannya,

Persyaratannya dilengkapin dan jangan ada yang kurang, yaitu:
(ini saya buat selasa 21/03/17)
  • Mengisi Formulir Permohonan paspor yang tersedia diloket pelayanan Keimigrasian di KJRI Sydney atau download, link nya di bawah yaah...
  • Melampirkan paspor RI lama (dengan masa berlaku kurang dari 6 bln).
  • Melampirkan (ini pilih antara salah satu aja) a. fotokopi akte kelahiran (apabila dikeluarkan oleh pemerintah di luar negara Indonesia maka wajib dilegalisasi oleh perwakilan RI setempat), b. Ijazah yang tercantum nama lengkap, tempat dan tanggal lahir, atau c. Akte pernikahan yang tercantum nama lengkap, tempat dan tanggal lahir, atau surat baptis yang tercantum nama lengkap, tempat dan tanggal lahir . Ijazah, akte pernikahan, atau surat baptis harus dikeluarkan oleh pemerintah IndonesiaCatatan : Akte kelahiran /pernikahan/Ijazah/Surat Baptis bukan yang diterjemahkan ke dalam bahasa asing, harus yang berbahasa Indonesia. Nama, tempat, dan tanggal lahir di paspor RI  wajib sama dengan yang tertulis di akte yang dilampirkan.
  • Melampirkan Bukti ijin tinggal (visa yang masih berlaku  atau VEVO – Visa Entitlement Verification Online  telepon di 1800 040 070). ini saya langsung cek di VEVO dan print sendiri aja, ga ribet banget deh.
  • Melampirkan bukti domisili yang masih berlaku (pilih satu SIM, atau bank statement, atau rekening listrik, atau rekening air, atau rekening telepon).
  • Melampirkan pasfoto untuk paspor terbaru berwarna latar belakang putih, wajah jelas tidak tertutup rambut dan harus tampak kedua telinga dan tidak menggunakan kacamata, ukuran foto 3x4 cm atau 4x6 (passport size) sebanyak 2 lembar (foto terbaru 3 bulan terakhir). Saya bikin di kantor pos dengan ukuran 4X6, soalnya saya pikir mendingan kegedean bisa di gunting daripada kekecilan... hahahha abis pake atau segala persyaratannya, bikin bingung aja, temen saya ternyata bikin juga dan dia minta bikin pake yang 3X4 katanya, dan kita berdua di approve permohonannya tanpa ada hambatan. bikin pas poto untuk pasport sekitar $17.
  • Membayar biaya permohonan sebesar A$ 40,-
  • Apabila penggantian paspor untuk anak yang berumur dibawah 18 tahun dan belum menikah lihat persyaratan paspor di paspor biasa anak.
CATATAN :

  • KJRI Sydney hanya melayani pembuatan paspor RI kepada warga negara Indonesia yang berada di wilayah kerja New South Wales, Queensland, dan South Australia.
  • Bagi pemohon Paspor RI yang berdomisili di wilayah NSW, pengajuan dapat dilakukan dengan datang langsung ke KJRI Sydney dengan membawa semua persyaratan lengkap yang telah ditentukan pada setiap jam kerja.
  • Bagi pemohon Paspor RI/SPRI yang berdomisili di QUEENSLAND dan SOUTH AUSTRALIA dapat mengajukan permohonan melalui pos dengan melampirkan semua persyaratan lengkap dan amplop balasan. Disarankan amplop balasan adalah amplop registered atau platinum registered. Pengajuan dapat dilakukan melalui jasa kurir yang dianggap aman oleh pemohon. Karena saya ga buru buru jadi saya pake yang registered aja, kalo temen saya seminggu sudah dapet paspor barunya dalam jangka waktu satu minggu dengan menggunakan yang platinum registered, saya dua minggu, dari hasil taracking saya, saya kirimkan hari selasa di kantor pos Forster, diterima hari jum'at oleh KONJEN Sydney, hari selasa dikirimkan kembali oleh mereka, dan hari jum'at saya terima kembali melalui pak pos :)
  • Setiap pemohon Paspor RI/SPRI wajib mengisi formulir permohonan paspor RI/SPRI lengkap dengan huruf cetak.
  • Permohonan yang dinyatakan lengkap akan diproses dalam waktu 4 (empat) hari kerja.
  • Permohonan yang dinyatakan tidak lengkap, baik dalam pengisian formulir permohonan maupun  syarat-syarat lainnya akan ditolak dan tidak akan diproses.
  • Biaya permohonan harus dalam salah satu bentuk berikut, MONEY ORDER, BANK CHEQUE, atau EFTPOS. Pembayaran menggunakan Money Order ditujukan kepada Consulate General of the Republic of Indonesia Sydney. Saya bayar pake money order di kantor pos dan ada handling fee sekitar $8. 
  • Pembayaran biaya permohonan dalam bentuk TUNAI dan PERSONAL CHEQUE tidak akan diterima.
  • Apabila terjadi kerusakan/kehilangan/keterlambatan selama dalam proses pengiriman paspor melalui pos bukan menjadi tanggung jawab KJRI Sydney. 
  • Pengajuan permohonan Paspor RI melalui POS wajib memberikan amplop balasan. Disarankan amplop balasan adalah amplop registered atau platinum registered agar dapat dilakukan pengecekan terhadap proses pengiriman kembali kepada pemohon. Jika KJRI Sydney sudah melakukan pengiriman kembali Paspor RI yang sudah diperpanjang, namun pemohon belum menerima, mohon agar melaporkan ke kantor pos terdekat untuk menanyakan mengenai dokumen tersebut berdasarkan nomor registrasi amplop. 
  • Setiap permohonan dokumen keimigrasian WAJIB difotokopi masing-masing dokumen persyaratan terlampir untuk setiap pemohon.
     Jadi deh paspor baru saya yang di keluarkan di Sydney, paspor lama kita di kembalikan setelah mereka gunting. ini penampakannya nih. Semoga bermanfaat ya... semua persyaratannya poto kopian aja kecuali paspor lama ya harus asli lah, Kalo pingin coba jalur pos silahkan ikuti langkah dan persyaratnnya, Good luck...

oh iya, saya bikin berdua suami saya, saya kirim di satu amplop, pembayarannya pun saya langsung $80 aja untuk berdua, jadi handling fee nya cuma satu kan hehehhe, sama irit juga amplop dan amplop balasan. barengan aja bisa kok.

Paspor lama dan paspor baru:

Alamatnya:


Sumber:

Download formulirnya:


0 comments:

HI!!



Share please kalau artikelnya menarik :) .

And terima kasih atas saran dan komentarnya, have a good day all. Langkah langkah kecil.

Post a Comment