Sunday, August 6, 2017

BADAI TIROID ATAU THYROID STORM

APASIH BADAI TIROID?


Badai tiroid adalah kondisi kesehatan yang mengancam jiwa yang terkait dengan hipertiroidisme, yang tidak diobati atau kurang penanganan. Jika seseorang terserang badai tiroid, detak jantung, tekanan darah, dan suhu tubuh bisa melonjak ke tingkat yang sangat tinggi. Tanpa pengobatan agresif dan sesegera mungkin, badai tiroid sering berakibat fatal.

Tiroid adalah kelenjar berbentuk kupu-kupu kecil yang terletak di tengah leher bagian bawah Anda. Dua hormon tiroid penting yang diproduksi oleh tiroid adalah triiodothyronine (T3) dan tiroksin (T4). Hormon ini mengontrol setiap sel di dalam tubuh Anda ketika sedang bekerja (metabolisme Anda). Jika Anda memiliki hipertiroidisme, tiroid Anda memproduksi terlalu banyak dari dua hormon ini. Hal ini menyebabkan semua sel Anda bekerja terlalu cepat. Misalnya, tingkat pernapasan dan detak jantung Anda akan lebih tinggi dari biasanya. Anda bahkan mungkin berbicara jauh lebih cepat daripada biasanya.

PENYEBABNYA APA?

Badai tiroid jarang terjadi. Ini terjadi pada orang-orang yang memiliki hipertiroidisme namun tidak menerima perawatan yang tepat. Kondisi ini ditandai dengan kelebihan produksi dua hormon yang diproduksi kelenjar tiroid. Tidak semua penderita hipertiroidisme akan mengalami badai tiroid. 
Penyebab dari kondisi ini meliputi:
  • Hipertiroidisme yang parah 
  • Kelenjar tiroid overaktif yang tidak diobati 
  • Infeksi yang berhubungan dengan hipertiroidisme

Orang dengan hipertiroidisme dapat mengalami badai tiroid setelah mengalami salah satu dari berikut ini:
  • Trauma 
  • Operasi 
  • Tekanan emosional yang parah 
  • Stroke 
  • Diabetes  Ketoasidosis
  • Gagal jantung kongestif 
  • Emboli paru

GEJALANYA APA AJA?

Gejala badai tiroid serupa dengan hipertiroidisme, tapi lebih mendadak, parah, dan ekstrem. Gejalanya sering melemahkan penderitanya, itulah sebabnya orang dengan badai tiroid mungkin tidak bisa mencari perawatan sendiri. Gejala umum meliputi:
  • Kecepatan denyut jantung (takikardia) yang melebihi 140 denyut per menit, dan atrial fibrillation 
  • Demam tinggi 
  • Berkeringat terus-menerus 
  • Gemetar 
  • Agitasi 
  • Gelisahan 
  • Bingung 
  • Diare 
  • Ketidaksadaran atau pingsan
BAGAIMANA DIAGNOSA BADAI TIROID?


Individu dengan hipertiroidisme yang mengalami gejala badai tiroid biasanya dirawat di ruang gawat darurat. Jika Anda mencurigai Anda atau orang lain memiliki gejala badai tiroid, segera minta diantar ke unit gawat darurat. Orang dengan badai tiroid umumnya menunjukkan peningkatan denyut jantung, serta angka tekanan darah tinggi (tekanan darah sistolik).

Dokter akan mengukur kadar hormon tiroid Anda dengan tes darah. Tingkat thyroid stimulating hormone (TSH) cenderung rendah pada hipertiroid dan badai tiroid. Menurut American Association for Clinical Chemistry (AACC), nilai normal untuk TSH berkisar antara 0,4 sampai 4 mIU / L. Hormon T3 dan T4 lebih tinggi dari biasanya pada orang dengan badai tiroid.

PENGOBATANNYA BAGAIMANA?

Badai tiroid berkembang dengan tiba-tiba dan mempengaruhi semua sistem tubuh Anda. Pengobatan akan segera dimulai segera setelah dugaan badai tiroid - biasanya sebelum hasil lab sudah siap. Obat antitiroid seperti propylthiouracil (juga disebut PTU) atau methimazole (Tapazole) akan diberikan untuk mengurangi produksi hormon tiroid ini.

Hipertiroidisme membutuhkan perawatan yang berkelanjutan. Orang dengan hipertiroidisme dapat diobati dengan yodium radioaktif, yang akan menghancurkan tiroid, atau obat anti tiroid OAT untuk menekan fungsi tiroid sementara. Wanita hamil yang menderita hipertiroidisme tidak dapat diobati dengan yodium radioaktif karena akan membahayakan janin dan dalam kasus tersebut, tiroid wanita akan diangkat dengan cara operasi.

Pasien harus menghindari penggunaan yodium sebagai pengganti perawatan medis, karena hal ini dapat memperburuk kondisi. Jika tiroid Anda dihancurkan oleh pengobatan yodium radioaktif atau diangkat melalui pembedahan/oprasi, Anda perlu mengkonsumsi hormon tiroid sintetis selama sisa hidup Anda.

PROSPEK JANGKA PANJANG

Badai tiroid memerlukan perhatian medis darurat yang segera dan agresif. Bila tidak diobati, badai tiroid bisa menyebabkan gagal jantung kongestif. Pasien mungkin juga mengalami paru-paru yang berisi cairan. Menurut sebuah artikel yang diterbitkan dalam jurnal medis Jerman, angka kematian orang-orang dengan badai tiroid yang tidak diobati adalah 75 persen.

Kemungkinan bertahan akan badai tiroid meningkat jika Anda segera mencari perawatan medis. Komplikasi terkait dapat dikurangi begitu kadar hormon tiroid Anda kembali ke kisaran normal (dikenal sebagai euthyroid).

BAGAIMANA MENCEGAH BADAI TIROID?

Cara paling efektif untuk mencegah timbulnya badai tiroid adalah mengikuti rencana kesehatan terhadap pengobatan tiroid Anda. Minum obat Anda dengan benar. Jaga semua janji dengan dokter Anda dan cek lab darah sesuai kebutuhan.


0 comments:

HI!!



Share please kalau artikelnya menarik :) .

And terima kasih atas saran dan komentarnya, have a good day all. Langkah langkah kecil.

Post a Comment