Sunday, May 7, 2017

7 MASALAH YANG AKAN DATANG JIKA HIPOTIROID ANDA TIDAK DIOBATI

Mari pelajari beberapa kemungkinan masalah yang mengikuti hipotiroid yang tidak diobati.

Photo ConyersR27
  • Gondok. Stimulasi konstan dari tiroid yang berusaha melepaskan lebih banyak hormon dapat menyebabkan kelenjar menjadi besar, suatu kondisi yang dikenal dengan gondok. Autoimun Hashimoto adalah salah satu penyebab paling umum. Dan tidak hanya mempengaruhi penampilan, gondok yang membesar juga dapat menggangu pernafasan dan menelan.
  • Masalah Jantung. Hipotiroid dapat dikaitkan dengan peningkatan resiko penyakit jantung. Dikarenakan kadar kolesterol LDL (Low Density Lipoprotein) atau kolesterol jahat yang tinggi didapati oleh penderita hipotiroid.Bahkan hipotiroid subklinis, kondisi yang lebih jinak pun dapat menyebabkan peningkatan kadar kolesterol total dan mempengaruhi kemampuan jantung dalam memompa. Hipotiroid juga bisa menyebabkan pembesaran jantung dan gagal jantung.
  • Masalah Kesehatan Mental. Depresi dapat terjadi di awal hipotiroid, dan dapat menjadi parah seiring waktu.Hipotiroid juga bisa membuat fungsi mental melambat. ( Baca tentang Brain fog Klik disini! )
  • Neurophaty Peripheral. Hipotiroid dalam jangka panjang yang tidak terkontrol dapat menyebabkan kerusakan pada saraf perifer- yaitu saraf yang membawa informasi dari otak dan sumsum tulang belakang keseluruh tubuh, misalnya lengan kaki. Tanda dan gejalanya termasuk rasa sakit, mati rasa dan kesemutan didaerah yang terkena dampak kerusakan saraf. Bisa juga menyebabkan kelemahan otot ataupun kehilangan kontrol terhadap otot.
  • Myxedema. Kondisi langka dan mengancam jiwa ini adalah hasil hipo jangka panjang yang tidak terdiagnosa. Tanda dan gejalanya adalah intoleransi terhadap dingin dan kantuk yang intens yang diikuti oleh lesu dan akhirnya tidak sadarkan diri. Koma myxedema bisa dipicu oleh obat penenang, infeksi ataupun tekanan lain di tubuh.Jika anda memiliki gejala koma myxedema, anda harus langsung di bawa ke perawatan gawat darurat.
  • Infertility/Tidak Subur. Kadar hormon tiroid yang rendah menggangu ovulasi, yang menganggu kesuburan. Ditambah apabila hipotiroid anda disebabkan autoimun, juga memperparah ketidak suburan. Mengobati hipotiroid dengan terapi penggantian hormon mungkin tidak sepenuhnya mengembalikan kesuburan. Intervensi lain juga diperlukan.
  • Cacat Lahir. Bayi yang dilahirkan oleh wanita hipotiroid mempunyai resiko lahir cacat lebih tinggi dibandingkan lahir dari wanita yang tiroidnya sehat. Anak-anak ini juga lebih rentan terhadap masalah perkembangan. Bayi dengan hipotiroid saat lahir yang tidak diobati beresiko mengalami masalah serius baik dengan perkembangan fisik maupun mental. Tetapi jika kondisi ini bisa cepat terdiagnosa dan melakukan perawatan maka bayi tersebut mempunyai kemungkinan perkembangan yang normal akan tinggi kesempatannya. 
Sumber: Thyroid Nation, http://thyroidnation.com/untreated-hypothyroidism-can-lead-to-these-7-problems/

0 comments:

HI!!



Share please kalau artikelnya menarik :) .

And terima kasih atas saran dan komentarnya, have a good day all. Langkah langkah kecil.

Post a Comment