Saturday, May 27, 2017

MAKANAN YANG HARUS DIHINDARI OLEH PENDERITA HIPERTIROID

Penderita hipertiroid harus hindari asupan berikut:

Hipertiroid adalah kondisi berlebihnya hormon tiroid, Hipertiroid bisa menyebabkan segala sesuatu yang ada di dalam tubuh bekerja dengan terlalu cepat, misalnya mempercepat metabolisme sehingga berat badan menurun, jantung berdetak kencang, banyak berkeringat dan gugup.

Tiroid berfungsi untuk mengontrol metabolisme tubuh, dan mengolah makanan menjadi energi. Metabolisme juga mempengaruhi kerja jantung, tulang, otot dan kolesterol. Hormon tiroid mengatur penggunaan lemak dan karbohidrat, mengatur suhu tubuh, kecepatan jantung dan produksi protein. Juga memproduksi hormon yang mengatur kalsium dalam darah.

Jika tidak segera diobati, hipertiroid sangat berbahaya bagi jantung, tulang dan mengakibatkan Thyroid Storm. Selain dengan pengobatan, sangat penting juga untuk mengetahui jenis makanan yang harus dihindari untuk menurunkan gejala. Diet dan obat yang tepat akan membantu meningkatkan kondisi kesehatan. Berikut ini adalah beberapa jenis asupan yang harus dihindari jika terkena hipertiroid, seperti dilansir oleh Magforwoman.

Makanan tinggi yodium
Yodium meningkatkan aktivitas kelenjar tiroid. Oleh karena itu, jika Anda memiliki penyakit hipertiroid sangat penting untuk menghindari makanan yang mengandung yodium. Cara terbaik adalah dengan menghindari makanan laut dan rumput laut yang mengandung tinggi yodium. Selain itu, Anda juga harus berhenti menggunakan garam beryodium karena tidak banyak mengandung yodium bermanfaat.
Hasil gambar untuk garam beryodium tidak dianjurkan penderita hipertiroid 

Tepung terigu
Tepung terigu terdiri dari nutrisi lebih rendah daripada biji-bijian dan sulit untuk dicerna. Selain itu, makanan mengandung tepung terigu juga bisa menjadi makanan glikemik tinggi, dan dapat menyebabkan gangguan kadar hormon serta kadar gula dalam tubuh. Mengonsumsi makanan yang memiliki indeks glikemik lebih rendah dapat membantu mengembalikan kadar hormon tiroid yang sehat.

Gambar terkait

Daging merah
Daging merah memiliki lemak jenuh berlebih yang merugikan keseimbangan hormonal tubuh. Jika Anda memiliki hipertiroid bersama dengan kolesterol tinggi, diabetes tipe-2 dan penyakit jantung, maka akan menjadi sulit untuk sembuh dari hipertiroid. Cara terbaiknya adalah mengganti daging merah dengan ikan tuna dan salmon.


Hasil gambar untuk no red meat

Produk susu
Berbagai penelitian telah membuktikan bahwa susu atau produk dari susu pada umumnya tidak baik untuk kondisi hipertiroid. Sisa hormon pertumbuhan dan penisilin telah ditemukan dalam produk susu yang menyebabkan ketidakseimbangan hormon dalam tubuh. Selain itu, susu juga mengandung protein kasein seperti halnya yang diproduksi oleh tubuh kita, dan kelebihan kasein menyebabkan proses pencernaan menjadi sulit. Oleh karena itu, cara terbaik adalah menjauhi produk susu seperti keju, yoghurt dan es krim untuik mengontrol hipertiroid.

 Hasil gambar untuk is milk good for you

Hindari kafein, alkohol, dan tembakau
Orang yang mempunyai penyakit hipertiroid harus menghindari minum kopi, alkohol, teh terlalu berlebihan dan tembakau. Semua itu adalah termasuk stimulant dan dapat meningkatkan denyut jantung dan memperburuk gejala, seperti iritabilitas, kegugupan dan kecemasan.
 Hasil gambar untuk no caffeine alcohol tobacco


0 comments:

HI!!



Share please kalau artikelnya menarik :) .

And terima kasih atas saran dan komentarnya, have a good day all. Langkah langkah kecil.

Post a Comment