Wednesday, May 17, 2017

NAIK SEPEDA KE SEKOLAH

Umur berapa ya kira-kira anak kita boleh kesekolah dengan sepeda.


Umur berapa ya kira-kira menurut kamu anak boleh berangkat sendiri kesekolah. Kimi, anak saya hampir 9.5thn, jarak dari rumah kesekolah kira-kira 1.5km, trafik engga terlalu padat, sepi malah dan ada trotoar yang lumayan lebar untuk sepeda dan pejalan kaki.Ada satu penyebrangan agak besar, tapi ada tombol lampu penyebrangannya, jadi lumayan aman, mengingat si Kimi itu lumayan patuh. Malah kadang kalo jalan sama saya, dia suka ngomel karena saya engga nyebrang di tempat yang bener... hahahha padahal nyengsol dikit aja kok.

Nah, biasanya dia pergi kesekolah dengan school bus, cuma hari selasa ada ekstra kulikuler, jadi dia harus sampe disekolah satu jam sebelumnya. Masalahnya disini school bus cuman lewat sekali aja, jadi ga bisa mengandalkan school bus, mulalilah dia coba menggunakan sepeda untuk ke sekolah dengan diantar, sekalian olah raga deh hahahaha... (biasanya papanya).

Photo of Pedal Power
Di sekolahnya, anak perempuan yang pake sepeda ada sih kira-kira 5 anak, sisanya anak laki-laki. Setelah beberapa kali naik sepeda setiap hari selasa, dia minta naik sepeda lagi di hari biasa, karena ada temannya yang pake sepeda dan bilang supaya mereka jadi bike buddy. Dengan berat hati saya bolehin, setelah saya untit hahahha... gimana kelakuan dia ketika pergi dan pulang sendiri. Hanya yang selalu jadi ketakutan saya sih stranger danger itu loh... jadi dilema, kalo engga dibolehin takutnya saya terlalu protektif, dibolehin takut juga karena saya ga tau umur berapa anak boleh pergi sendiri kesekolah. Padahal dulu waktu saya kecil udah berangkat sendiri dari kelas 3 barengan kakak. Kalau pikiran saya sih bagus naik sepeda, melatih dia untuk belajar bertanggung jawab sekalian olah raga, tapi sekali lagi takut ih stranger danger ituuu... halaaah....

Sampe sekarang dia naik sepeda pas hari ekskul itu, ditambah sekali-kali saya bolehin kalo pas saya engga lagi nervous hahahha.... tetep aja selalu liatin jam dinding dan selalu keingetan. So what do you think?

Buat yang mau tau kiat-kiat aman untuk anak naik sepeda boleh cek link ini
http://www.pedalpower.org.au/news/ready-set-go-to-school-by-bike/

0 comments:

HI!!



Share please kalau artikelnya menarik :) .

And terima kasih atas saran dan komentarnya, have a good day all. Langkah langkah kecil.

Post a Comment